Tips Alami Memutihkan Gigi dengan Abu Gosok

Cara Alami Memutihkan Gigi | Artikel & Tips Kesehatan ~ Hello sobat, dalam kesempatan yang berbahagia ini, kita berjumpa lagi di blog sederhana yang semoga saja selalu aktif untuk berbagi wawasan seputar dunia kesehatan.

Tips Alami Memutihkan Gigi dengan Abu Gosok


Sobat kesehatan pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya abu gosok bukan? Betul, abu gosok disini adalah limbah pembakaran atau abu, biasanya berasal dari kayu dan tumbuhan, sekam padi padi misalnya. Abu gosok sering dimanfaatkan ibu-ibu rumah tangga jaman dulu bahkan sampai sekarang untuk membersihkan noda-noda membandel pada perkakas dapur terutama untuk menghilangkan noda hitam pada bagian bawah panci atau wajan yang sulit dibersikan hanya dengan sabun.

Kandungan kalium yang terdapat pada abu gosok mempunyai peranan penting dalam membersihkan noda-noda hitam pada panci dan wajan serta peralatan dapur lainnya.

Seperti dilansir Perempuan.com, bahwasannya kalium yang bereaksi dengan air menghasilkan Kalium hidroksida yang bersifat basa sehingga mampu bereaksi terhadap kotoran dan mengangkatnya keluar.

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia juga disebutkan, sabun yang bisanya kita buat mandi, diketahui mengandung kalium. Semua itu oleh para produsen sabun pastinya karena mereka mengetahui fungsi kalium dalam mengangkat kotoran pada tubuh agar lebih bersih.

Memutihkan Gigi dengan Abu Gosok

Berangkat dari beberapa uraian diatas, timbullah pertanyaan tentang "apakah bisa abu gosok digunakan membersihkan gigi?"

Sebagain dari para pembaca mungkin akan mengatakan "itu cara, jadul banget min...". Bisa dibilang, cara memutihkan gigi dengan abu gosok ini memang cara tradisional yang digunakan oleh orang-orang jaman dulu untuk membersihkan dan memutihkan gigi mereka.

Orang jaman dulu menggunakan abu gosok untuk merawat gigi pastinya bukan tanpa alasan. Mungkin karena ketersediaan pasta gigi tidak semelimpah saat ini, produsen pasta gigi belum bisa menembus pelosok-pelosok daerah saat itu, atau mungkin saja karena mereka lebih suka menggunakan cara alami/tradisional.

Tapi, ada beberapa teman di dumay yang masih memegang teguh cara tradisional ini lho Sob. Bahkan ada dari mereka yang sekeluarga menerapkan cara memutihkan gigi dengan abu gosok ini, dan hasilnya tidak mengecewakan.

Vien Hartanti dalam bukunya yang berjudul Jadi Dokter di Rumah Sendiri dengan Terapi Herbal dan Pijat hal:34 menyebutkan : Gigi kuning dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Bila gigi anda berwarna kuning, coba hilangkan dengan menggosokkan abu gosok sisa hasil pembakaran di tungku dapur, pada gigi yang kuning.

Cara Memutihkan Gigi dengan Abu Gosok

Gimana Sob..? Setelah membaca beberapa uraian di atas, apakah Sobat berhasrat untuk menerapkan tips ini? Berikut ini caranya:
  1. Siapkan abu gosok (biasanya abu dari hasil pembakaran sekam padi)
  2. Dikasih sedikit air atau dibiarin kering tidak apa-apa, adapula yang dicampur dengan pasta gigi, garam, atau bahan lain yang dipercaya bisa memutihkan dan membersihkan gigi
  3. Gosokkan abu pada gigi secara perlahan dan teratur
  4. Kalau dirasa sudah cukup, bersihkan mulut dengan air
Silakan baca juga artikel menarik berikut ini "Memutihkan Gigi dengan Batu bata"

Itulah tadi sekilas Tips Memutihkan Gigi Kuning yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai ketemu lagi.