4 Obat Sakit Gigi Alami dari Toga (Tanaman Obat Keluarga)

Obat Sakit Gigi Alami | Artikel & Tips Kesehatan ~ Berikut ini ada beberapa macam tanaman obat keluarga (Toga) yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan sakit gigi.

Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Belimbing Wuluh

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Belimbing Wuluh
Selain digunakan sebagai bahan masakan, blimbing wuluh juga dimanfaatkan untuk mengatasi gusi berdarah, gondongan, menghilangkan panu, mengurut bagian tubuh yang sakit, sakit gigi, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi sakit gigi, siapkan lima buah belimbing wuluh, cuci bersih lalu kunyah dengan garam. Ulangi sampai hilang rasa sakit pada gigi.

Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Cengkeh

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cengkeh
Cengkeh merupakan salah satu hasil tanaman rempah di Nusantara. Tanaman tropis ini sudah banyak dibudidayakan untuk diambil bunga dan minyaknya. Setelah diolah menjadi minyak, Cengkeh dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit untuk penderita sakit gigi karena kandungan senyawa didalamnya dapat membantu sirkulasi peredaran darah dan merangsang kulit apabila dioleskan secara langsung.

Untuk mengatasi sakit gigi dengan cengkeh. Caranya, sangrai (menggoreng tanpa minyak) 10 butir cengkeh sampai hangus. Tumbuk sampai halus, masukkan kelubang gigi secukupnya, lalu tutup dengan kapas. Lakukan 2 kali sehari. Cara lain: sumbat gigi yang berlubang dengan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh.

Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Kemuning

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Kemuning
Tumbuhan kemuning banyak sekali manfaatnya, mulai dari mengobati sakit gigi, bisul, rematik, keseleo, memar, nyeri sendi, radang buah zakar, infeksi saluran kencing, datang haid tidak teratur, kulit kasar, sampai untuk melangsingkan badan.

Pemanfaatan kemuning untuk sakit gigi : Siapkan batang kemuning, bakar, selanjutnya minyak yang keluar dari kulit batang yang dibakar tadi teteskan ke dalam gigi yang berlubang.

Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Bunga Matahari

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Bunga Matahari
Bunga matahari selain indah dipandang, juga menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Beberapa pakar kesehatan sering memanfaatkan bunga ini untuk pengobatan tradisional.

Untuk pengobatan sakit gigi, siapkan:
  • 60 gram bunga matahari
  • 5 gram jahe (kupas dan cuci bersih)
  • 600cc air.
Selanjunya, rebus semua bahan di atas. Setelah agak berkurang panasnya, saring air campuran bunga matahari dengan jahe. Kemudian, minum ramuan tadi selagi hangat.

Sumber : blh.grobogan.go.id, pekalongankab.go.id, new.litbang.deptan.go.id

Itulah tadi ulasan singkat tentang Obat Sakit Gigi Tradisional dari Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Bila Sobat mempunyai masukan seputar manfaat toga-toga lainnya untuk sakit gigi, jangan sungkan-sungkan untuk berbagi pengetahuan melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi Sobat!