10+ Khasiat Manfaat Lidah Buaya | Info, Kandungan, Cara Mengolah Lidah Buaya

Khasiat Manfaat Lidah Buaya | Artikel Tips Kesehatan ~ Lidah Buaya (Aloe Vera), tanaman yang umumnya bagi kita hanya digunakan sebagai bahan untuk penyubur atau merawat rambut ini, ternyata menyimpan berbagai manfaat dan khasiat baik untuk obat-obatan berbagi macam penyakit dan aneka produk kecantikan serta aneka makanan dan minuman.

Lidah Buaya merupakan salah satu dari beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja, baik di pelataran rumah, kebun, atau dalam pot. Selain itu, lidah buaya juga termasuk tanaman yang kuat. Kuat di sini maksudnya tahan aneka musim baik hujan maupun kering. Bukan hanya itu, lidah buaya juga cepat tumbuh, tahan hama, serta mengandung aneka zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

khasiat manfaat lidah buaya (aloe vera)

Kandungan Lidah Buaya

Seperti dijelaskan dalam laman resmi Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Riau (distan.riau.go.id). Lidah buaya terbukti menyimpan zat-zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat. Kandungan mineralnya adalah kalsium, magnesium, potasium, sodium, besi, zinc, dan kromium. Kandungan enzim-enzimnya, antara lain amylase, catalase, cellulose, carboxypeptidase, carboxyhelolase, dan brandykinase yang semuanya amat penting bagi metabolisme tubuh.

Lidah buaya pun ternyata memiliki kandungan beragam asam amino, yakni arginine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, threonine, glycine, lycine, yrozine, proline, histidine, leucine, dan isoliucine.

Beberapa kandungan dalam lidah buaya yang telah disebutkan di atas tadi bukan hanya sebatas perkiraan saja. Tapi, merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh berbagai kalangan. Salah satunya oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 1998.

Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat Lidah Buaya seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya dalam laman Cyber Extension Kementerian Pertanian RI (cybex.deptan.go.id).
  • Detoksifikasi / Penangkal racun. Aneka mineral dan vitamin dalam lidah buaya bermanfaat sebagai detoksifikasi (penangkal) dari racun yang masuk ke tubuh dengna cara dijus.
  • Mengatasi gangguan pencernaan. Setelah diteliti lebih lanjut, lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi refluks asam dan menenangkan esophagus. Dengan demikian, akan menghindarkan kita dari risiko iritasi usus maupun tukak lambung, sehingga menyehatkan proses pencernaan.
  • Mengatasi Diabetes. Meminum jus lidah buaya secara rutin disinyalir dapat mencegah resiko diabetes. Sebab kadar gula darah dalam tubuh akan tetap terjaga.
  • Membantu gerakan usus dalam pencernaan. Zat Aloe lateks yang terkandung dalam lidah buaya bisa menghasilkan antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang berfungsi sebagai obat pencahar yang kuat dan juga membantu gerakan usus dalam mencerna makanan.
  • Menjaga berat badan dan merawat kulit. Selain beberapa manfaat jus lidah buaya di atas, ternyata lidah buaya yang dijus juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit serta bisa menurunkan berat badan.

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Obat-obatan

Setelah di atas tadi dipaparkan secara singkat mengenai aneka manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara pembuatan resep atau ramuan berbahan dasar lidah buaya untuk aneka obat-obatan seperti telah dipublikasikan PDII-LIPI melalui laman warintek.ristek.go.id.
  1. Cacingan susah buang air kecil. Siapkan akar lidah buaya, cuci lalu jemur sampai kering. Selanjunya rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal lira-kira setengah gelas. Lalu, minum ramuan sekaligus.
  2. Mengobati ambeien. Ambil 1/2 batang daun lidah buaya dibuang duri-durinya, cuci dan parut. Beri 1/2 gelas air lalu peras. Selanjutnya kasih 2 sendok makan madu. Minum secara rutin sehari tiga kali.
  3. Mengobati sembelit. Cuci dan kupas 1/2 batang daun lidah buaya. Potong kecil-kecil isinya. Seduh dengan 1/2 gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Makan selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.
  4. Sebagai penyubur rambut. Sipakan daun lidah buaya secukupnya. Cuci lalu kupas. Selanjutnya gosokkan daging lidah buaya pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.
  5. Mengobati luka bakar/tersiram air panas (ringan). Daun lidah buaya dicuci bersih dan dikupas. Tempelkan bagian dalamnya pada bagian yang terkena api/air panas.
  6. Mengobati bisul. Ambil daun lidah buaya secukupnya. Cuci, kupas, dan lumatkan. Beri sedikit garam. Selanjutnya, tempelkan pada anggota tubuh yang terserang bisul.
  7. Mengobati jerawat, noda-noda hitam. Daun lidah buaya secukupnya dicuci lalu dikupas. Selanjutnya blender isi atau daging lidah buaya tadi. Seperlima gelas cairan diaduk dengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Aduk rata dan laburkan ke wajah. Biarkan selama ± 30 menit, lalu bilas.
  8. Mengobati batuk membandel. Siapkan 20 gram daun lidah buaya, cuci, kupas lalu potong-potong. Tambahkan 2 sendok makan madu murni. Minum ramuan dua kali sehari. Ulangi selama 10 hari.
  9. Mengobati diabetes. Ambil 2 daun lidah buaya. Kemudian cuci, buang durinya, dan dipotong-potong. Selanjutnya, rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum dua sampai tiga kali sehari, sesudah makan. Sekali minum 1/2 gelas.
  10. Mengobati radang tenggorokan. Cuci dan kupas 1 daun lidah buaya. Isi atau dagingnya dipotong-potong, bisa juga diblender. Tambahkan madu murni secukupnya lalu minum tiga kali sehari.
Perlu diperhatikan! Lidah buaya tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi oleh wanita/ibu hamil, ibu menyusui, wanita sedang menstruasi yang mengalami pendarahan hebat, penderita gangguan pada perut atau usus buntu.

Itulah tadi ulasan singkat tentang Khasiat Lidah Buaya sebagai salah satu alternatif Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang bisa kita budidayakan sendiri di kebun rumah. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi di lain waktu!