10+ Manfaat Khasiat Jambu Biji | Tanaman Obat Keluarga

Tanaman Obat Keluarga Jambu Biji | Artikel & Tips Kesehatan ~ Jambu batu, jambu biji, jambu siki atau jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Meksiko, Karibia, dan Amerika Tengah dan Selatan, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. Tanaman ini termasuk familia Myrtaceae. Tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi 1.200 meter dpl; di tanah gembur sampai tanah liat, terlebih lagi di daerah yang terbuka dan banyak air.

Buah jambu biji sering dimanfaatkan sebagai makanan dalam bentuk buah segar maupun minuman dalam bentuk jus karena mempunyai gizi dan mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi, dengan kadar gula 8%. Jambu biji mempunyai rasa dan aroma yang khas disebabkan oleh senyawa eugenol.

Manfaat Khasiat Jambu Biji | Tanaman Obat Keluarga


Nama-nama jambu biji di beberapa daerah Indonesia
  • Banjar : jambu karantukal
  • Jawa : jambu klutuk, jambu krutuk, jhambu bhender, bayawas, tetokal, tokal
  • Maluku : kayawese
  • Nusa Tenggara : kojabas
  • Sumatera : glima breueh, glimeu beru, galiman, masiambu, biawas, jambu biawas, jambu batu
  • Sunda : jambu klutuk

Jenis-jenis Jambu Biji

Seperti dalam laman Warintek Ristek RI pada bahasan Budidaya Jambu Biji, dari sejumlah jenis jambu biji, terdapat beberapa varietas jambu biji yang digemari orang dan dibudidayakan dengan memilih nilai ekonomisnya yang relatif lebih tinggi diantaranya:
  1. Jambu sukun (jambu tanpa biji yang tumbuh secara partenokarpi dan bila tumbuh dekat dengan jambu biji akan cenderung berbiji kembali).
  2. Jambu bangkok (buahnya besar, dagingnya tebal dan sedikit bijinya, rasanya agak hambar). Setelah diadakan percampuran dengan jambu susu rasanya berubah asam-asam manis.
  3. Jambu merah.
  4. Jambu pasar minggu.
  5. Jambu sari.
  6. Jambu apel.
  7. Jambu palembang.
  8. Jambu merah getas.
Dalam Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan, beberapa macam/kultivar jambu biji dikenal di Indonesia, sebagian dikenal sejak lama, sebagian merupakan introduksi (didatangkan/dibawa) dari negara lain.
  1. Jambu biji kristal Taiwan
  2. Jambu tanjung barat
  3. Jambu biji getas merah
  4. Jambu australia
  5. Jambu sukun
  6. Jambu bangkok
  7. Jambu Kristal

Kandungan dalam Jambu Biji

Seperti disebutkan dalam Cyber Extension Deptan RI, kandungan setiap 100 gr buah jambu biji meliputi: 49 kal Kalori, 25 SI vitamin A, 0,02 mg vitamin B1, 87 mg vitamin C, 14 mg Kalsium, 12,2 gram Hidrat Arang, 28 mg Fosfor, 1,1 mg Bes, 0,9 mg Protein, 0,3 gram Lemak, dan 86 gram Air (Direktorat Gizi, Departemen Pertanian). Sedangkan  daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.

Dalam laman Warintek Ristek RI disebutkan, daun jambu biji mengandung tanin, eugenol (minyak asiri), minyak lemak, damar, zat samak, triterpinoid, asam apfel. Sedangkan buahnya mengandung asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Penyakit

Seperti dilansir melalui laman Cyber Extension Deptan dan Warintek Ristek, buah jambu mempaunyai manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan atau penyembuhan penyakit. Berikut ini adalah beberapa khasiat jambu biji untuk kesehatan dan penyakit sekaligus cara penggunaaannya:

Versi Warintek Ristek
  1. Diare. (a) Daun jambu biji 30 gr ditambah dengan segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas, lalu direbus. Larutan diminum 2 kali sehari; (b) 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan sehari 2 kali; (c) 6 lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang, peras, minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
  2. Sakit maag. 8 helai daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Gunakan untuk minum 3 kali sehari.
  3. Luka. 3 pucuk daun jambu biji dicuci, kunyah sampai lumat. Tempelkan pada luka. Kandungan astringent dapat menghentikan perdarahan.
  4. Sariawan. (a) Segenggam daun jambu biji dan 1 jari kulit batang daun jambu biji dicuci, rebus dengan seliter air, saring. Dinginkan, lalu minum sekaligus; (b) Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring, minum 2 kali sehari.
  5. Keputihan. 2 genggam daun jambu biji yang muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
  6. Perut kembung pada anak. 3 helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 3 kali sehari. Anak di bawah 3 tahun sesendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.
  7. Sakit kulit. Segenggam daun jambu biji muda, 7 kuntum bunga jambu biji dicuci, lumatkan sampai halus. GOsokkan pada kulit yang sakit.
  8. Diabetes. Sebuah jambu biji yang setengah masak dicuci, belah-belah, rebus dengan 1 liter air. Gunakan untuk minum 2 kali sehari.
  9. Beser (sering buang air kecil). 3 pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica, makan setiap siang dan malam selama 2 hari.
  10. Luka berdarah atau borok di sekitar tulang. Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.
  11. Kencing manis. Satu buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.
  12. Ambeien. Daun jambu biji muda atau pucuknya, sebuah pisang batu; keduanya dicuci, lalu ditumbuk. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.
  13. Kembung pada anak-anak. Tiga lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kuluit batang pulosari dan 5 butir adas, sampai airnya tinggal 1 cangkir, saring, lalu diminum. Untuk anak berumur 3 tahun dapat diberi 3 kali sehari sebanyak 2 sendok makan, sedangkan yang lebih tua diberi 1 cangkir sehari.
Versi Cyber Extension Deptan
  1. Obat Sakit Diabetes Mellitu. Buah jambu biji setengah masak dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  2. Obat Sakit Maag. 8 lembar daun jambu biji yang masih segar direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Selanjutnya diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
  3. Sakit Perut (Diare dan Mencret). 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Lalu diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  4. Masuk Angin. 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminum 2 kali sehari.
  5. Beser Berlebihan (Sering Kencing). 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa) direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Lalu diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.
  6. Sakit Prolapsisani (Radang Usus Besar). 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Selanjutnya air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.
  7. Sakit Sariawan. 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Lalu diminum 2 kali sehari.
  8. Sakit Kulit. 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji ditumbuk bersama-sama sampai halus. Kemudian digunakan untuk menggosok bagian kulit yang sakit.
  9. Obat Luka Baru.  3 pucuk daun jambu biji dikunyah sampai lembut. Selanjutnya ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.
  10. Obat Sakit Demam Berdarah. Para penderita yang sudah positif demam berdarah dapat mengkonsumsi buah jambu biji yang berwarna merah. Buah jambu biji merah sekitar 500cc dalam sehari, dapat meningkatkan pertumbuhan trombosit dalam tempo 8 sampai 48 jam. Menurut penelitian rebusan daun jambu biji juga dapat mencegah perkembangan dari virus demam berdarah
Referensi :
  1. cybex.deptan.go.id/penyuluhan/manfaat-jambu-biji-untuk-kesehatan
  2. en.wikipedia.org/wiki/Psidium_guajava
  3. id.wikipedia.org/wiki/Jambu_biji
  4. warintek.ristek.go.id/pangan_kesehatan/tanaman_obat/lipi_pdii/jambubiji.htm
  5. warintek.ristek.go.id/pertanian/jambu_biji.pdf
Jika masih ada waktu luang, baca juga posting tentang 24 Manfaat Khasiat Pepaya | Tanaman Obat Keluarga.

Itulah tadi ulasan singkat tentang salah satu Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Bila Sobat mempunyai masukan seputar manfaat toga-toga lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk ber