9 Khasiat Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Khasiat Manfaat Tomat | Artikel Tips Kesehatan ~ Tomat, buah yang identik dengan warna merah mengkilat ini bisa dikatakan sudah sangat familier bagi pecinta kuliner Indonesia bahkan di berbagai penjuru dunia karena kekhasan rasanya dan aneka manfaat serta khasiat yang terkandung di dalamnya.

Tomat tidak hanya bisa kita temui di pasar-pasar tradisional maupun modern. Di restoran, penjual makanan dan minuman di seberang jalan pun sudah bisa kita jumpai aneka macam menu sajian berbahan dasar tomat.

Dari berbagai jenis tomat, ada beberapa yang bisa dikonsumsi langsung, tomat buah misalnya. Sedangkan yang lainnya enak dibuat lalapan dan campuran aneka masakan, sambal di antaranya.

Untuk produk olahan, tomat dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, minuman, dan masakan seperti: jus, selai, chutney, yam, catsup, dan yang paling umum serta familier adalah saos tomat.

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan, menurut tulisan yang dikarang Andrew F. Smith dengan judul "The Tomato in America", tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Asal mula penyebaran tomat di benua Asia, berawal dari Spanyol yang datang ke Filipina. Selain itu, Spanyol juga membawa tomat ke wilayah Eropa.

Buah Tomat untuk Kesehatan

Jenis-Jenis Tomat

Seperti dijelaskan dalam laman E-Petani Kementerian Pertanian RI (epetani.pertanian.go.id), dilihat dari segi bentuk atau penampilannya, buah tomat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu:
  1. Tomat Biasa (Lycopersicum commune). Bentuk buahnya bulat pipih, lunak, tidak beraturan, dan sedikit beralur di dekat tangkainya.
  2. Tomat Apel (Lycopersicum pyriforme). Bentuk buah bulat, kompak, sedikit keras menyerupai buah apel.
  3. Tomat Kentang (Lycopersicum grandifolium). Buah berbentuk bulat, besar, kompak, dengan ukuran lebih kecil dari tomat apel.
  4. Tomat Keriting (Lycopersicum validum). Buah berbentuk agak lonjong, keras. Daunnya rimbun keriting dan berwarna hijau kelam.
Sedangkan dalam laman warintek.ristek.go.id, dijelaskan, selain empat jenis tomat yang telah disebutkan di atas, masih ada satu jenis lagi, yakni tomat cherry (bentuk buah berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang).

Kandungan dan Nilai Gizi Tomat

Seperti kita ketahui bersama, tomat merupakan buah yang menyimpan senyawa kimia dan aneka vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya: likopene (lycopene), magnesium, mangan, kalium (potassium), vitamin C, vitamin B, vitamin A, dan masih banyak lagi.

Kandungan gizi buah tomat @ 100 gram meliputi (lebih jelasnya bisa dilihat di ndb.nal.usda.gov):

KandunganNilai
Kalori18 kkal
Kalium237 mg
Sodium5 mg
Protein0.9 g
Karbohidrat3,92 g
Vitamin A16%
Vitamin C22%
Kalsium1%
Iron1%
Vitamin B-65%
Magnesium2%

Manfaat dan Khasiat Tomat

Dalam laman E-Petani Kementerian Pertanian RI (epetani.pertanian.go.id) dan beberapa sumber lainnya dijelaskan, di antara khasiat dan manfaat tomat bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:
  1. Antioksidan. Warna merah pada tomat didominasi likopen (lycopene), yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Penyerapan lycopene oleh tubuh akan meningkat saat tomat diproses menjadi jus, saus, atau produk lain.
  2. Menurunkan risiko kanker prostat. Lycopene yang terkandung dalam tomat tak hanya sekedar sebagi antioksidan, tapi juga berfungsi untuk menekan risiko kanker prostat.
  3. Mengurangi rasa mual. Kandungan asam sitrat pada tomat membuat rasanya terasa asam sangat baik dokonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome) atau saat kita mengalami mual. Bagi penderita penyakit maag apalagi tak kuat dengan rasa masamnya, tidak disarankan mengkonsumsi tomat meski dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, karena akan lebih memperburuk kondisi penderita.
  4. Menigkatkan kesuburan pria. Hasil penelitian dari All Indian Institute of Medical Science di New Delhi pada 30 pria tak subur berusia 23-45 tahun menunjukkan, tomat bisa meningkatkan kesuburan pria.
  5. Mencegah penggumpalan darah. Seorang peneliti dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung.
  6. Mencegah jantung koroner. Penelitian yang dilakukan Dr. David Yeung Director of Corporate Nutrition, H.J. Heinz Company, serta sejalan dengan hasil penelitian di University of South Carolina melaporkan, orang yang mengkonsumsi tomat dan produk olahannya secara teratur cenderung "terbatas" dari penyakit jantung koroner.
  7. Menambah nafsu makan. Kandungan asam sitrat pada tomat membuat rasanya terasa asam dan terasa segar, sehingga mampu menambah nafsu makan.
  8. Menjaga kesehatan jantung. Tomat mengandung banyak niasin, asam folat, dan vitamin B6 yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit jantung.
  9. Memberikan asupan nutrisi pada kulit. Dengan mengkonsumsi tomat secara teratur, kandungan likopene yang terdapat di dalamnya bisa membantu melindungi kulit dari berbagai efek berbahaya dari radikal bebas dan paparan sinar UV, pelembab kulit alami, melawan jerawat, bisul, mengurangi pembentukan noda hitam, dan menutrisi kulit.
Ingin tahu aneka manfaat yang terkandung dalam pisang? Silakan lihat posting terdahulu tentang [Khasiat Manfaat Pisang].

Itulah tadi ulasan singkat tentang Manfaat Tomat sebagai salah satu alternatif Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang bisa kita budidayakan sendiri di kebun rumah. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi di lain waktu!