11 Manfaat Khasiat Jeruk Nipis | Tanaman Obat Keluarga

Toga Jeruk Nipis | Artikel & Tips Kesehatan ~ Jeruk nipis di berbagai belahan dunia terkenal akan manfaat dan khasiatnya. Aneka obat-obatan dan makanan serta minuman tak sedikit yang berbahan dari jeruk nipis, sirup, limun, obat anak-anak misalnya.

Jeruk nipis masuk dalam kerajaan Plantae salah satu jenis Citrus dari spesies Citrus aurantifolia. Jeruk nipis merupakan tumbuhan berjenis perdu yang didominasi dahan dan ranting. Batang pohonnya tak beraturan dengan struktur kayu yang ulet dan keras.

manfaat khasiat jeruk nipis (tanaman obat keluarga)


Nama lain Jeruk Nipis di beberapa daerah Indonesia dan luar negeri:
  • Jawa: jeruk pecel, jeruk asam
  • Sumatera: liman kapus, liman nipis
  • Madura: jeruk dhurga
  • Malaysia: limau asam
  • Filipina: bilolo, dayap
  • Thailand: som-mal nao
  • Spanyol: lima
  • Perancis: lime acide
  • Inggris: common lime, lime
  • Arab: Limah

Kandungan Jeruk Nipis

Dijelaskan dalam epetani.pertanian.go.id, dalam jeruk nipis terkandung beberapa unsur senyawa kimia yang manfaatnya cukup melimpah. Misalnya: limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat.

Kandungan gizi setiap 100 gram buah jeruk nipis meliputi:

KandunganNilai
vitamin C27 miligram
kalsium40 miligram
fosfor22 miligram
hidrat arang12,4 gram
vitamin B 10,04 miligram
zat besi0,6 miligram
lemak0,1 gram
kalori37 gram
protein0,8 gram
air86 gram

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Penyakit

Seperti kita ketahui bersama, manfaat dan khasiat jeruk nipis sangatlah beraneka ragam, mulai dari sebagai bahan minuman, makanan semipadat, campuran masakan, sampai dengan bahan obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kahsiat jeruk nipis seperti dijelaskan dalam laman epetani.pertanian.go.id. Semoga bermanfaat.
  1. Amandel. Ambil 1 buah jeruk nipis lalu peras untuk diambil airnya, parut 1,5 rimpang kunyit sebesar ibu jari ambil airnya dan 2 sendok makan madu. Campur semua bahan dengan tambahan 1/2 gelas air, aduk sampai merata, lalu saring. Kemudian minum 2 hari sekali secara teratur.
  2. Malaria. Sisihkan 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, dan tambahkan garam secukupnya. Jika sudah, ambil air dari perasan jeruk nipis kemudian oplos dengan bahan lainnya lalu saring. Untuk cara penggunaannya, minum tiap pagi menjelang sarapan.
  3. Ambeien. Cari 2-4 potong akar jeruk nipis, lalu rebus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih hingga tersisa 1 liter, jangan lupa disaring. Selanjunya, minum ramuan yang sudah dibuat tadi secara teratur tiap sore hari.
  4. Sesak Nafas. Perasan air dari 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah diparut, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu. Kemudian campur semua bahan lalu seduh dengan air panas secukupnya, aduk sampai rata, terakhir saring. Untuk memanfaatkannya, minum setelah sarapan pagi secara teratur.
  5. Influenza. Panggang 1 buah jeruk nipis lalu ambil airnya, kemudian campur dengan 1/2 sendok minyak kayu putih dan kapur sirih secukupnya, aduk dan saring. Selanjutnya minum sehari satu kali secara teratur.
  6. Batuk. (a) perasan 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 sendok kecap, dan garam secukupnya dicampur lalu diminum secara teratur 1 kali sehari selama sakit. (b) oplos perasan air 1 buah jeruk nipis dengan 1/4 sendok tepung biji buah pala dan 1 sendok minyak kayu putih hingga merata. Selanjutnya oleskan pada dada dan punggung sebagai bedak.
  7. Sakit panas. Oplos sampai merata 1 buah jeruk nipis yang diambil airnya, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah dihaluskan. Selanjutnya manfaatkan sebagai kompres dan sisanya digunakan untuk obat gosok dada dan punggung.
  8. Sembelit. Campur secara bersamaan perasan air 1 buah jeruk nipis, 2-4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih, buah asam secukupnya, dan 2 sendok air masak. Kemudian oleskan ramuan tadi di seluruh tubuh, terutama di seputar perut.
  9. Terlambat datang bulan. Campur secara merata air dari 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari yang diparut dan diambil airnya, kapur sirih dan garam secukupnya, lalu disaring. Selanjutnya minum sehari 1 kali.
  10. Perut mules pada waktu haid datang bulan. 1 buah jeruk nipis ambil airnya, parut 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa. Campur semua bahan dengan 3/4 gelas air masak / matang, lalu disaring. Kemudian minum pada hari pertama haid.
  11. Disentri. Rebus air perasan 2 potong akar jeruk nipis dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. Selanjutnya minum obat yang sudah dibuat tadi sehari sekali.
Itulah tadi ulasan singkat tentang Khasiat Jeruk Nipis sebagai salah satu alternatif Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai ketemu lagi di lain waktu Sob!