9 Khasiat Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Khasiat Manfaat Pisang | Artikel Tips Kesehatan ~ Pisang merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Tidak sekedar buahnya saja, bahkan kulit, batang, daun serta bonggolnya bisa kita fungsikan untuk diambil manfaatnya.

manfaat dan khasiat pisang (tanaman obat keluarga)

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, kandungan gizi dalam buah pisang merupakan salah satu alternatif pemasok sumber vitamin, mineral dan juga karbohidrat bagi tubuh kita.

Selain dijadikan hidangan langsung di meja. Sebagi produk olahan, buah pisang juga diolah menjadi berbagai macam produk yang sering kita jumpai di pasaran, misalnya dodol, sale pisang, pure pisang, tepung pisang, tape, keripik, konsentrat, dan masih banyak lagi.

Di dunia pengobatan tradisional, masyarakat memanfaatkan air umbi batang pisang kepok untuk mengobati disentri dan pendarahan usus besar sedangkan untuk obat sakit kencing dan penawar racun masyarakat memanfaatkan air batang pisang sebagai alternatif.

Perlu diketahui, kulit pisang yang sering kita buang begitu saja, ternyata bisa dimanfaatkan untuk media alternatif semir sepatu, membuat cuka (proses fermentasi diperlukan), dan pengganti tenaga batu baterai.

Selanjutnya, dari bagian daun sering dimanfaatkan sebagai pembungkus berbagai macam makanan trandisional Indonesia yang sangat khas, pakan ternak, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Pisang

Seperti dijelaskan dalam laman warintek.ristek.go.id, secara umum pisang dibagi dalam tiga jenis, yaitu:
  1. Pisang yang dimakan buahnya tanpa dimasak yaitu M. paradisiaca var Sapientum, M. nana atau disebut juga M. cavendishii, M. sinensis. Misalnya pisang ambon, susu, raja, cavendish, barangan dan mas.
  2. Pisang yang dimakan setelah buahnya dimasak yaitu M. paradisiaca forma typicaatau disebut juga M. paradisiaca normalis. Misalnya pisang nangka, tanduk dan kepok.
  3. Pisang berbiji yaitu M. brachycarpa yang di Indonesia dimanfaatkan daunnya. Misalnya pisang batu dan klutuk.
Jenis pisang yang sering digunakan sebagi produk olahan di antaranya: pisang janten, kepok, tanduk, nangka, siem dan beberapa variates lainnya. Dari beberapa produk olahan yang sering kita jumpai, keripik pisang mungkin yang paling familier.

Kandungan dan Nilai Gizi Pisang

Dijelaskan dalam epetani.pertanian.go.id, dalam buah pisang terkandung beberapa unsur senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh kita. Misalnya: mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain.

Jika sobat pecinta olahraga sepak bola. Masih ingatkah laga final Piala Dunia 2014 yang mempertemukan Jerman vs Argentina? Dimana pada jeda pertandingan, official timnas Jerman memberikan pisang pada para pemainnya yang sudah mulai terlihat kelelahan untuk menyuplai nutrisi dalam tubuh.

Kandungan gizi buah pisang yang sudah matang meliputi:

KandunganNilai
kalori99 kalori
protein1,2 gram
lemak0,2 gram
karbohidrat25,8 mg
serat0,7 gram
kalsium8 mg
fosfor28 mg
besi0,5 mg
vitamin A44 RE
vitamin B0,08 mg
vitamin C3 mg
air72 gram

Aneka Macam Manfaat dan Khasiat Buah Pisang

Seperti dijelaskan dalam laman Direktorat Budidaya dan Pascapanen Buah - Kemeterian Pertanian RI (ditbuah.hortikultura.pertanian.go.id), berikut ini beberapa khasiat dan manfaat pisang yang ada baiknya bila kita mengetahuinya.
  1. Pisang sebagai sumber tenaga.  Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.
  2. Manfaat pisang untuk Ibu Hamil. Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.
  3. Manfaat pisang bagi Penderita Anemia. Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.
  4. Manfaat pisang untuk mengobati penyakit Usus dan perut. Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair)dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan kolik untuk menetralkan keasaman lambung. Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong. Pure pisang ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.
  5. Manfaat pisang bagi Penderita Lever. Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.
  6. Manfaat pisang untuk Luka Bakar. Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.
  7. Manfaat bagi penderita diabetes. Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan/pokok bagi orang yang menderita penyakit gula/diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda.
  8. Pisang dan Kecantikan. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.
  9. Manfaat Pisang untuk Diet. Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1.250 dan menu tersebut cukup menyehatkan. Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.
Untuk lebih lengkapnya, baca juga posting bermanfaat lainnya [Khasiat Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan].

Itulah tadi ulasan singkat tentang Khasiat Pisang sebagai salah satu alternatif Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang bisa kita budidayakan sendiri di kebun rumah. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi di lain waktu!