Tahukah Anda Manfaat Getah Pepaya? Berikut Ulasannya

Manfaat Getah Pepaya | Artikel & Tips Kesehatan ~ Jika pada posting-posting sebelumnya admin telah berbagi wawasan seputar manfaat pepaya secara umum, dilanjutkan tentang manfaat daunnya. Maka pada artikel kali ini admin akan berbagi posting tentang manfaat pepaya khusus pada bagian getahnya.

Manfaat Getah Pepaya

Seperti dilansir dalam laman Warintek Ristek yang bersumber dari PDII LIPI (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Berikut ini beberapa manfaat getah pepaya untuk kesehatan / pengobatan:

Mengatasi tumit pecah-pecah
Masalah tumit pecah-pecah biasanya sering mendera pada diri kita ketika musim panas/kemarau datang. Nah, bagi Anda yang mengalami problem ini, Anda bisa memanfaat getah pepaya sebagai obatnya. Caranya: Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan 1/4 jam, lalu cuci. Lakukan terapi ini sehari sekali.

Mengobati penyakit kutil
Kutil atau Papilloma dalam bahasa medisnya, merupakan sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Bentuk kutil yang sudah membesar biasanya seperti bunga kol. Terkadang ketika dipegang memang tidak sakit, dan kalau sudah sangat besar, sewaktu lecet bisa saja mengeluarkan darah. Untuk mengatasinya, oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.

Mengobati kulit melepuh karena panas
Toreh kulit buah pepaya, tampung getahnya dan oleskan, diamkan sehari semalam. Bila bagian yang melepuh agak luas, parutlah pepaya dan daging buahnya ditempelkan.

Mengobati sakit gigi
Selain menggunakan beberapa bahan alami dari tanaman obat keluarga (toga) untuk mengobati sakit gigi yang pernah admin publikasikan sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan getah pepaya sebagai obatnya. Caranya ambil buah pepaya yang masih muda, lalu bersihkan (cuci), ambil getahnya dengan menggunakan kapas, lalu teteskan pada gigi yang sakit.

Mengobati luka bakar
Perawatan / pertolongan pertama ketika mengalami luka bakar adalah pendinginan (30 menit pertama sejak terjadinya luka bakar) dengan mengalirkan air dingin 10–25 °C (50–77 °F) dan "BUKAN AIR ES", karena air es dapat menyebabkan cedera yang lebih parah. Untuk memanfaatkan getah pepaya sebagi obat, ambil pepaya muda lalu cuci, gores-gores agar getahnya keluar. Kemudian oleskan getah pada luka (luka bakar di sini adalah luka bakar ringan dan tidak mengenai anggota tubuh yang luas / penting (leher, wajah, vital, atau anggota penting lainnya), dan sekiranya masih bisa dilakukan pengobatan sendiri).

Itulah tadi artikel seputar wawasan singkat tentang beberapa Khasiat Getah Pepaya untuk menyelesaikan masalah kesehatan pada diri Anda yang bisa admin sajikan. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi sobat!