9 Khasiat Manfaat Mentimun | Kandungan, Gizi, dan Cara Mengolah Mentimun

Manfaat Buah Mentimun | Artikel Tips Kesehatan ~ Mentimun merupakan sejenis tumbuhan merambat penghasil buah yang sering kita manfaatkan untuk sayuran, rujak, atau acar.

Tumbuhan dengan nama latin Cucumis sativus L ini, memiliki kandungan air yang cukup melimpah. Sehingga, menjadikan buah mentimun terasa segar ketika dikonsumsi secara langsung.

Seperti kita ketahui bersama, selain digunakan sebagai campuran aneka makanan dan minuman, buah mentimun juga sering digunakan untuk melembabkan wajah serta mengurangi pembengkakan mata.

Khasiat Manfaat Buah Mentimun

Kandungan Mentimun

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai nutrisi yang terkandung dalam buah mentimun (per 100 gram), seperti dijelaskan dalam laman USDA.


NutrientUnitValue
Proximates
Waterg95.23
Energykcal15
Proteing0.65
Total lipid (fat)g0.11
Carbohydrate, by differenceg3.63
Fiber, total dietaryg0.5
Sugars, totalg1.67
Minerals
Calcium, Camg16
Iron, Femg0.28
Magnesium, Mgmg13
Phosphorus, Pmg24
Potassium, Kmg147
Sodium, Namg2
Zinc, Znmg0.2
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acidmg2.8
Thiaminmg0.027
Riboflavinmg0.033
Niacinmg0.098
Vitamin B-6mg0.04
Folate, DFEµg7
Vitamin B-12µg0
Vitamin A, RAEµg5
Vitamin A, IUIU105
Vitamin E (alpha-tocopherol)mg0.03
Vitamin D (D2 + D3)µg0
Vitamin DIU0
Vitamin K (phylloquinone)µg16.4
Lipids
Fatty acids, total saturatedg0.037
Fatty acids, total monounsaturatedg0.005
Fatty acids, total polyunsaturatedg0.032
Cholesterolmg0
Other
Caffeinemg0
Untuk keterangan lebih lengkap bisa dilihat di laman USDA.

Manfaat Mentimun dan Cara Mengolahnya

Berikut ini akan dijelaskan aneka manfaat buah mentimun lengkap dengan cara mengolahnya menjadi obat-obatan alami seperti dijelaskan dalam laman Warung Informasi Teknologi (Warintek) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang disarikan dari beberapa buku seputar tanaman obat keluarga (Toga). Semoga bermanfaat.
  1. Mengobati diare pada anak. Siapkan 1 mentimun. Lalu cuci, rebus, haluskan, dan saring. Setelah itu, air hasil saringan ditambah madu dan minumkan pada anak / penderita diare.
  2. Mengatasi Hipertensi. (cara pertama) cuci 2 buah mentimun. Selanjutnya parut, lalu peras mentimun. Kemudian, minum air hasil perasan 2-3 kali sehari. (cara kedua) rebus ± 150 gram mentimun lalu saring. Terakhir, air hasil saringan diminum. Lakukan terapi ini setiap hari secara teratur.
  3. Mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, menghilangkan noda hitam. (cara pertama) Blender buah mentimun secukupnya lalu laburkan ke wajah untuk masker. Biarkan mengering, lalu bilas menggunakan air bersih. (cara kedua) gosokkan kulit buah mentimun ke wajah, lalu tunggu sampai mengering. Terakhir, bilas dengan air bersih.
  4. Mencegah penyakit ginjal. Siapkan 3 buah mentimun. Selanjutnya, rebus hingga lunak, lalu peras dan minum airnya 3 kali sehari. Selain itu, makan juga ampasnya.
  5. Mengobati Disentri. Cuci 1-2 buah mentimun. Setelah itu, potong-potong, lalu rendam dalam madu. Kemudian, makan beberapa kali.
  6. Mengobati Sariawan. Cuci 1-2 mentimun tua, lalu kupas, dan iris-iris. Selanjutnya, makan agak banyak setiap hari.
  7. Menurunkan Demam. Siapkan 1 buah mentimun. Langkah selanjutnya, cuci, parut, beri eau de cologne, lalu bungkus dengan saputangan. Terakhir, letakkan saputangan tadi di atas kening penderita demam.
  8. Mengobati Tifus. Cuci 2 buah mentimun. Selanjutnya parut, peras, lalu minum sekaligus. Ulangi terapi 3 kali sehari.
  9. Mengatasi Radang ginjal. Siapkan 3 buah mentimun berukuran besar. Selanjutnya cuci, lalu rebus sampai empuk dengan 2 gelas air. Dinginkan, peras, lalu minum airnya.
Referensi:
  1. badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/
  2. id.wikipedia.org/wiki/Eau_de_cologne
  3. id.wikipedia.org/wiki/Mentimun
  4. ndb.nal.usda.gov/ndb/search/list?qlookup=11205
  5. pixabay.com/en/cucumber-vegetable-green-organic-575647/
  6. warintek.ristek.go.id/pangan_kesehatan/tanaman_obat/lipi_pdii/mentimun.htm
Itulah tadi artikel kesehatan tentang Khasiat dan Manfaat Mentimun yang bisa kami paparkan. Terima kasih atas kunjungannya serta membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang akan datang!