19 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Jeruk Nipis | Artikel Tips Kesehatan ~ Sebenarnya, pada posting terdahulu kami sudah pernah mempublikasikan artikel kesehatan tentang jeruk nipis yang bersumber dari laman epetani.pertanian.go.id. Di situ sudah dijelaskan secara singkat mengenai kandungan jeruk nipis + 11 khasiatnya untuk pengobatan tradisional.

Nah, pada posting kali ini kami akan menambahkan beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tapi dengan sumber berbeda, yakni dari laman Warintek Ristek RI yang bersumber dari PDII LIPI (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

manfaat jeruk nipis serta cara mengolahnya

Manfaat Jeruk Nipis dan Cara Mengolahnya

Ok, langsung saja berikut ini adalah aneka manfaat jeruk nipis  untuk kesehatan khususnya dalam pembuatan obat-abatan tradisional lengkap dengan panduan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat.

Mengobati Batuk. Cara pertama, cuci 1 buah jeruk nipis, lalu campur dengan 1,5 (satu setengah) sendok kecap dan garam, aduk rata, dan saring. Selanjutnya, minum 1-3 kali sehari. Cara kedua, 1 jeruk nipis dicuci, peras. Beri air hangat, tambah sepotong gula batu, aduk rata, lalu saring. Kemudian minum ramuan 1 kali sehari sampai sembuh.

Mengatasi Sembelit. Cuci lalu peras 1 jeruk nipis. Lumatkan 3 siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci, beri 1 sendok minyak kayu putih, asam kawak sebesar telur puyuh, sedikit air masak kemudian campur dengan air jeruk. Selanjutnya, oleskan ke seluruh tubuh, terutama di sekitar perut.

Mengobati Ambeien. Ambil akar pohon jeruk nipis lalu cuci, dan rebus dengan 1 liter air selama ± 1/2 jam, saring, minum airnya.

Mengatasi Haid tidak teratur. Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis dan madu, 2 gelas air panas, lalu aduk rata. Selanjutnya, ramuan yang sudah dibuat tadi diminum 3 kali sehari.

Mengobati Difteri. Cuci 2 buah jeruk nipis lalu peras, air perasan diseduh dengan segelas air. Tambahkan 1 sendok makan madu. Selagi masih hangat dipakai untuk kumur selama 3 menit, lalu telan. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok makan.

Mengobati amandel. Kulit 3 jeruk nipis dicuci, potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 3/4, saring. Kumur- kumur dengan airnya lalu minum. Lakukan 3-4 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

Menghilangkan Jerawat. Jerawat bisa saja menyerang siapa saja, baik cewek maupun cowok. Untuk mengatasinya, siapkan 1 buah jeruk nipis lalu cuci, dan iris. Selanjutnya, gosokkan pada kulit wajah.

Menyembuhkan suara serak. Cuci lalu peras 2 buah jeruk nipis. Tambahkan kapur sirih, garam dapur, 1 sendok makan madu murni, dan 3/4 gelas air mendidih, lalu aduk rata. Ramuan tadi diminum sekaligus menjelang tidur malam. Lakukan seminggu sekali.

Mengatsi Bau badan. Cara pertama, irisan jeruk nipis diolesi kapur sirih, ulaskan ke ketiak setelah mandi, biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan pagi dan sore. Cara kedua, beberapa helai daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dicuci, lumatkan. Pulung kecil-kecil seperti pil. Makan 3 kali sehari sesudah makan.

Menambah nafsu makan. Campurkan satu sendok makan air jeruk nipis dengan gula secukupnya. Selanjutnya, minum ramuan 2 kali sehari sesudah makan.

Mengatasi Kepala pusing/vertigo. Ambil 1/2 genggam daun jeruk nipis lalu cuci, dan lumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, dahi dan pelipis. Lakukan terapi 1-2 kali sehari.

Sakit kepala/pusing tiba-tiba. Peras air jeruk nipis ke segelas teh kental, beri garam. Minum sekaligus.

Mencegah rambut rontok. Cuci 2 buah jeruk nipis, lalu iris menjadi 3 atau 4. Oleskan airnya pada kulit kepala hingga merata, bungkus kepala dengan handuk semalaman. Keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

Menghilangkan ketombe. Oleskan air perasan 1-2 jeruk nipis ke seluruh kulit kepala. Biarkan 20-30 menit, lalu keramas. Setelah 3 kali melakukan (setiap kali akan cuci rambut), biasanya ketombe hilang.

Meredakan Flu. Siapkan satu buah jeruk nipis yang sudah dicuci lebih dulu, lalu panggang sebentar. Tunggu sampai agak dingin lalu belah dan langsung diperas ke dalam mulut.

Menurunkan demam. Cara pertama, cuci dan peras 1 buah jeruk nipis, kupas-cuci-lumatkan 3 siung bawang merah, beri 1 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, oleskan ramuan pada kening penderita. Cara kedua, Air perasan 1 jeruk nipis dicampur 2 sendok makan madu, lalu minum sekaligus.

Menghentikan kebiasaan merokok. Iris jeruk nipis, hisap, minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

Menghentikan Anyang-anyangan. Cuci 2 jeruk nipis lalu peras, beri gula pasir secukupnya dan segelas air panas, aduk, minum sekaligus. Biasanya cukup dilakukan sekali.

Mengobati mimisan. Ambil 1 buah jeruk nipis besar yang sudah tua lalu cuci, belah, peras, dan saring airnya untuk menetesi hidung. Lakukan 1-2 kali sehari.

Pustaka:
  • Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999.
  • Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999.
  • Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995.
  • Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.
Sumber: warintek.ristek.go.id/pangan_kesehatan/tanaman_obat/lipi_pdii/jeruknipis.htm

Baca juga posting bermanfaat lainnya [Aneka Jenis Bawang dan Manfaatnya]

Itulah tadi ulasan singkat tentang Khasiat Jeruk Nipis sebagai pelengkap Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang bisa kita lestarikan sendiri di kebun atau taman rumah. Terima kasih atas kunjungan dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi sobat!