10+ Khasiat Manfaat Daun Sirih Merah Serta Cara Mengolahnya

Khasiat Manfaat Sirih Merah | Artikel Tips Kesehatan ~ Sejak zaman nenek moyang kita, sirih merah sudah terkenal kaya akan manfaat serta khasiatnya baik untuk pengobatan penyakit maupun perawatan keacantikan para kaum hawa.

khasiat manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Wawasan Singkat Sirih Merah

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan, sirih merah merupakan tumbuhan asli Indonesia. Tempat asal tumbuhan sirih merah disebutkan berasal daru Sulawesi.

Masih dalam Wikipedia, sirih merah memiliki nama latin Piper ornatum, namun beberapa pustaka mengacaukannya dengan nama Piper crocatum, yang tak lain merupakan tumbuhan yang tidak dibudidayakan dan berasal dari benua Amerika.

Selain terkenal akan khasiat dan manfaatnya, sirih merah juga sering digunakan sebagi tanaman hias karena memiliki ciri khas daunnya yang unik dan memanjakan mata.

Selanjutnya, sirih merah juga mempunyai hubungan kekerabatan dengan tumbuhan dari marga piper yang beberapa di antaranya sering kita jumpai, misalnya sirih (Piper betle) atau lada (Piper albi linn).

Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Sirih Merah

Seperti dilansir dalam website resmi Pemkab Lombok Barat (lombokbaratkab.go.id). Di antara beberapa senyawa yang bermanfaat dan terkadung dalam sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, fenil propada, alkoloid, saponin, tanin, dan flavonoid.

Dalam dunia kesehatan, sirih merah dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan kesehatan, misalnya diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi, memperhalus kulit, dan masih banyak lagi.

Di beberapa balai pengobatan tradisional dan kalangan ibu rumah tangga sirih merah dimanfaatkan untuk mengobati dan mengurangi keputihan. Sedangkan, dalam dunia pengobatan modern khususnya produsen obat-obatan, sirih merah dimanfaatkan sebagi bahan dasar pembuatan kapsul ekstrak sirih merah.

Cara Mengolah Sirih Merah Untuk Obat-obatan

Setelah di atas tadi dipaparkan secara singkat mengenai aneka kandungan, manfaat, dan khasiat Sirih Merah untuk kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara pembuatan resep atau ramuan berbahan dasar Sirih Merah untuk aneka obat-obatan seperti telah dijelaskan dalam laman lombokbaratkab.go.id yang disarikan dari buku karangan Bambang Sudewo dengan judul "Basmi Penyakit dengan Sirih Merah".
  1. Mengobati Diabetes Mellitus (Kencing Manis). Ambil tiga lembar daun sirih merah setengan tua dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa ½ gelas. Kemudian, minum ramuan sehari tiga kali sebelum makan. Sekali minum ½ gelas.
  2. Mengobati Jantung Koroner. Petik daun sirih merah ukuran sedang 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus irisan sirih merah dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas dan disaring. Terakhir, minum ramuan selagi hangat dua kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas.
  3. Mengobati Radang Prostat. Siapkan 6 lembar daun sirih merah yang masih muda (bagian pucuk). Cuci bersih lalu iris kecil-kecil, kemudian rebus dengan air 2 gelas (400 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuan sekaligus setelah dingin (bisa ditambahkan madu murni sebanyak 2 sendok teh) dua kali sehari.
  4. Mengobati TBC. Siapkan 6 lembar daun sirih yang sudah tua berukuran sedang atau ukuran besar sebanyak 4-5 lembar. Cuci bersih dan dibilas hingga 3 kali, kemudian iris kecil-kecil dan rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuan selagi hangat tiga kali sehari. Sekali minum sebayak ½ gelas. Untuk menghindari rasa yang terlalu pahit bisa ditambahkan 1 sendok teh madu murni atau perasan jeruk nipis.
  5. Mengobati Asam Urat. Ambil 7 lembar daun sirih merah ukuran sedang beserta batangnya sepanjang 15 cm. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil dan direbus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 2 gelas. Kemudian, saring dan minum ramuan selagi hangat dua kali sehari. Sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni dan perasan jeruk nipis. Sisanya bisa diminum pada hari berikutnya setelah dipanaskan terlebih dahulu.
  6. Mengobati Kangker Payudara dan Rahim. Siapkan 6 lembar daun sirih ukuran besar beserta batangnya sepanjang 15 cm (usahakan memilih daun sirih merah yang bagian bawahnya berwarna merah merata dan segar). Daun dan batang sirih merah dicuci hingga bersih, direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum ramuan selagi hangat dua kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.
  7. Mengobati Wasir. Ambil 7 lembar daun sirih lalu cuci bersih dan diiris kecil-kecil. Selanjutnya rebus sirih merah dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Setelah disaring dan dingin, ramuan diminum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.
  8. Mengobati Penyakit Ginjal. Petik 8 lembar daun sirih merah yang masih muda (daun bagian pucuk). Cuci bersih, iris kecil-kecil, lalu rebus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan endapkan ramuan terlebih dahulu. Setelah dingin ramuan diminum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas dan bisa ditambahkan dengan madu murni 2 sendok teh.
  9. Mengobati Hepatitis atau Radang Liver. Ambil 6 lembar daun sirih merah tua berukuran besar lalu cuci dengan air mengalir secara berulang-ulang. Kemudian, rebus daun sirih merah dengan 4 gelas (800 ml) air sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, minum ramuan tiga kali sehari dengan takaran ½ gelas. Lebih baik jika ditambahkan madu 3 sendok teh setiap kali minum.
Selain untuk mengobati beberapa penyakit seperti yang telah disebutkan di atas. Sebenarnya masih banyak lagi berbagai penyakit yang bisa diobati menggunakan daun sirih merah. Misalnya beberapa penyakit sebagaimana telah dilansir dalam website resmi Pemkot Kupang (kupangkota.go.id) berikut ini:
  • Mengatasi luka bakar. Siapkan beberapa daun sirih merah lalu cuci bersih. Peras airnya kemudian tambah dengan sedikit madu. Selanjutnya, tempelkan di tempat terjadinya luka bakar. (untuk kasus luka bakar yang sekiranya tidak ringan ada baiknya langsung dibawa ke dokter)
  • Menghentikan mimisan. Petik sehelai daun siri merah yang masih muda, lalu gulung. Kemudian taruh di lubang hidung yang mengeluarkan darah mimisan.
  • Mengobati maag. Siapkan beberapa daun sirih merah, lalu cuci bersih. Selanjutnya giling sampai halus, lalu lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ganti dua kali sehari.
  • Mengobati gatal-gatal. Siapkan 20 helai daun siri merah, cuci bersih, lalu masak dengan air yang cukup banyak sampai mendidih. Selagi masih hangat gunakan untuk mandi.
  • Mengobati mata merah. Petik 5 atau 6 helai daun sirih merah yang masih muda, masak dengan air panas, kemudian tunggu sampai air dingin, kemudian basuhkan ke mata yang sakit. Lakukan tiga kali sehari sampai mata sembuh.
  • Mengobati batuk. Siapkan 15 helai daun sirih merah. Cuci bersih lalu masak dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa seperempatnya. Selanjutnya, minum dengan madu.
  • Mengurangi jerawat. Siapkan 7 sampai 10 helai daun sirih merah, cuci dan haluskan. Seduh dengan dua gelas air panas. Selanjutnya, gunakan airnya untuk membasuh wajah. Lakukan 2-4 kali setiap hari.
  • Mengatasi keputihan. Siapkan 10 helai daun sirih merah lalu cuci bersih. Kemudian seduh dengan sekitar 3 liter air hangat. Gunakan air rendamannya yang masih hangat untuk membersihkan alat vital Anda (wanita).
  • Menyembuhkan payudara bengkak karena memberi ASI. Ambil beberapa helai daun sirih merah, cuci dan oleskan sedikit minyak kelapa pada daun. Selanjutnya, panaskan sebentar daun di atas api sampai sekiranya kisut. Kemudian, taruh daun di payudara saat masih sedikit hangat.
Referensi.
  1. Sirih Merah (id.wikipedia.org/wiki/Sirih_merah)
  2. Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Merah (kupangkota.go.id/?p=7203)
  3. Khasiat Daun Sirih Merah (lombokbaratkab.go.id/khasiat-daun-sirih-merah.html)
Itulah tadi ulasan singkat tentang Khasiat Sirih Merah sebagai salah satu alternatif Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang bisa kita budidayakan sendiri di kebun atau taman rumah. Terima kasih atas kunjungan dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang akan datang!