10+ Khasiat Manfaat Sambiloto | Kandungan dan Cara Mengolah Sambiloto

Khasiat Manfaat Sambiloto | Artikel Tips Kesehatan ~ Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan satu dari beberapa kumpulan tanaman obat yang paling terkenal dan sering digunakan sebagai media penyembuhan sejak zaman nenek moyang.

khasiat manfaat sambiloto untuk kesehatan

Dalam dunia kesehatan khususnya obat-obatan tradisional jenis minuman, sambiloto populer dengan sebutan “King of Bitters” atau rajanya minuman pahit. Meski demikian, rasa pahit yang amat sangat dari sambiloto setimpal dengan aneka khasiat yang dihasilkan dalam penyembuhan penyakit, dan ini sudah mendunia.

Tumbuhan sambiloto cukup mudah ditemukan, karena sering tumbuh secara liar di tempat terbuka, pinggir jalan, ladang, atau tanah kosong yang tidak difungsikan misalnya. Pengembangbiakannya juga terbilang simpel, tinggal petik buah yang sudah tua, ambil bijinya, lalu disemaikan.

Berikut beberapa sebutan sambiloto di daerah dan luar negeri: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura); papaitan (Maluku); chuan xin lien (Cina); kalmegh (Belanda), dan masih banyak lagi.

Kandungan Sambiloto

Dalam laman resmi Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Nusa Tenggara Barat (diperta.ntbprov.go.id) dijelaskan, daun dan percabangan tumbuhan sambiloto mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neandrografolid, 14-deoksi-11, 12-didehidro-andrografolid, dan homoandrofolid. Selanjutanya, dalam sambiloto juga terkandung flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik dan damar. Untuk mengetahui kandungan sambiloto secara lengkap bisa dilihat di sini.

Manfaat dan Khasiat Sambiloto

Merujuk pada laman Diperta.ntbprov.go.id. Di situ dijelaskan tentang beberapa manfaat dan khasiat sambiloto untuk penyembuhan berbagai gangguan kesehatan, di antaranya:
  1. darah tinggi
  2. tipus
  3. flu, sakit kepala, panas
  4. kanker paru
  5. kencing manis
  6. kencing nanah
  7. radang saluran nafas, radang paru
  8. diare
  9. TBC paru
  10. batuk rejan
  11. pharyngitis
  12. menambah nafsu makan
Selanjutnya, dalam laman Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan, tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah, menurunan kadar gula darah, dan obat penyakit tifus.

Cara mengolah Sambiloto Menjadi Obat

Berikut ini adalah panduan tentang cara mengolah Sambiloto menjadi obat tradisional seperti dijelaskan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) melalui laman warintek.ristek.go.id:

  • Mengobati tipus. Siapkan 10-15 lembar daun sambiloto segar. Tambahkan air secukupnya lalu rebus hingga mendidih. Untuk mengurangi rasa daun yang amat pahit, ketika akan meminum ramuan bisa dicampur dengan madu.
  • Mengobati TBC paru-paru. Daun sambiloto segar dikeringkan, lalu digiling halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu, ditambah sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan pil berdiameter sekitar 0,5 cm. Sebaiknya pil ini diminum dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum dapat 15-30 pil.
  • Mengobati batuk rejan atau pertusis. Ambil 3 lembar daun sambiloto lalu seduh dengan air panas dan tambahkan sedikit madu. Minum ramuan 3 kali sehari.
  • Mengobati kencing nanah. Ambil 3 batang sambiloto beserta daun-daunnya. Cuci bersih lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2,25 gelas. Dinginkan air terlebih dahulu, baru disaring. Jika hendak diminum tambahkan madu seperlunya. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
  • Mengobati Demam. Ambil daun sambiloto yang masih segar lalu tempelkan di badan atau dahi.
  • Menambah nafsu makan. Siapkan daun sambiloto 10 helai, kulit dan batang tanamannya sebanyak 50 g. Cuci bersih semua bahan, kemudian rebus dengan 3000 cc air. Airnya cukup diminum segelas sehari. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambahkan sedikit madu.
  • Obat tetes telinga. Ambil tanaman sambiloto yang masih segar secukupnya lalu lumatkan, kemudian peras airnya. Selanjutnya, teteskan perasan air tersebut ke telinga.

Pustaka:
  1. Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999.
  2. Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999.
  3. Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995.
  4. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.

Baca juga posting bermanfaat lainnya [Khasiat Manfaat Asam Jawa dan Cara Mengolahnya]

Itulah tadi ulasan singkat tentang Khasiat Sambiloto sebagai salah satu alternatif Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang bisa kita budidayakan sendiri di kebun atau taman rumah. Terima kasih atas kunjungan dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai jumpa lagi sobat!